Kamis, 13 Juli 2017

KEADAAN PERTANIAN KABUPATEN SINJAI

Pertanian 

Pertanian yang menonjol dari kabupaten Sinjai adalah lada dan coklat. Lada tumbuh hampir di semua kecamatan kecuali di kecamatan Pulau Sembilan. Luas areal tanamnya mencapai 3.249 hektare dengan jumlah produksi 2.380 per tahun. Sedangkan coklat atau kakao tumbuh hampir di semua kecamatan dengan luas area tanam 4.178 hektare dan hasil panen per tahun mencapai 2.129 ton. Sinjai mengkespor coklat-coklat ini ke Eropa.

Jagung
Potensi Jagung di Kabupaten Sinjai tersebar di Kecamatan antara lain Kecamatan Sinjai Utara, Bulupoddo, Kecamatan Sinjai Timur dan Tellulimpoe. Luas Area : 24.00 Ha, Luas Panen : 27.202 Ha, Produksi/Tahun : 52.622 Ton.

Cabe Merah
Tanaman ini cukup menggembirakan karena didukung oleh iklim yang cocok untuk pengembangannya sehingga mudah tumbuh. Adapun produksi pertanian 259 ton dengan luas panen 97 Ha. 

Padi
Mata pencaharian penduduk di Kab. Sinjai sebagian besar adalah petani dimana areal persawahannya meliputi Kecamatan Sinjai Barat, Kecamatan Sinjai Selatan, Kecamatan Sinjai Tengah, Kecamatan Sinjai Borong dan Kecamatan Bulupoddo. Potensi Lahan : 18.906 Ha, Luas area tanam : 22.298 Ha, Produksi/Tahun : 82.235 Ton.

Wijen
Wijen merupakan tanaman sela, tanaman ini kebanyakan didapatkan pada lahan teerbuka. Selain dimanfaatkan sebagai tambahan pada makanan, biji wijen yang mengandung minyak juga digunakan sebagai bahan obat-obatan. Adapun tanaman ini bisa ditemukan di daerah Kecamatan Sinjai Timur, Kecamatan Sinjai Utara, Kecamatan Sinjai Selatan, Kecamatan Bulupoddo dan Kecamatan Tellulimpoe. Potensi Lahan : 1.000 Ha, Luas Area Tanam : 504 Ha, Produksi/Tahun : 403 Ton.

Labu Siam
Tanaman ini banyak dijumpai di Kecamatan Sinjai Borong dan Sinjai Barat. Labu siam adalah sayuran yang mengandung zat protein, lemak, fosfor, besi dan kalsium. Rata-rata Produksi : 300 Kw/Ha, Luas Panen : 10 Ha, Produksi/Tahun : 300 Ton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MINAS, SI MANIS KUNING DARI SINJAI

Sulawesi selatan terkenal dengan kota Seribu Mesjid, terutama Kabupaten Sinjai. Sebagian bahkan hampir seluruh penduduk kabupaten Sinjai mey...